flash

Selasa, 07 Juni 2011

5 kota bersepeda terbaik di asia

5 Kota Bersepeda Terbaik di Asia

 

BERSEPEDA di tengah kota dengan tampilan gedung-gedung tinggi atau di pinggir kota dengan pemandangan alam bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Anda sedang berlibur di sebuah kota. Nah, khusus kawasan Asia, kota-kota berikut ini mendapat predikat sebagai kota bersepeda terbaik. Bila suatu saat akan berkunjung ke salah satu kotanya, Anda mungkin bisa bergoes ria di sana.

1. Kyoto, Jepang
Satu hal yang paling menonjol bila Anda pertama kali ke Kyoto adalah setiap orang nampak bepergian dengan sepeda. Setiap pagi, terlihat banyak anak perempuan melalui jalan-jalan kota yang sempit.

Sangat mudah untuk melihat mengapa bersepeda sangat populer di sini. Kyoto sebagian besar datar dan mempunyai lalu lintas yang tertib. Banyak juga gang-gang yang bisa menjadi jalan pintas. Untuk jalan menanjak, ini akan Anda temukan bila bergerak ke utara, tetapi jalan menurun juga bisa ditemukan.

Kyoto Cycling Tour Project (www.kctp.net) menawarkan paket wisata bersepeda dan informasi bagi Anda yang hendak bergoes ria.

2. Beijing, China
Kota terus tumbuh dengan lalu lintas kendaraan tapi infrastruktur untuk pengendara sepeda di sini masih yang terbaik di Asia. Jalur sepeda mencakup hampir setiap sudut kota. Apa lagi, bengkel kecil dapat ditemukan di hampir setiap jalan.

Labirin di dekat Yonghegong adalah tempat yang bagus untuk memulai bersepeda. Begitu berada di dalam labirin, Anda akan berurusan dengan lalu lintas yang tidak padat sehingga memberikan banyak waktu untuk melihat sudut-sudut menarik kota. Untuk tur sepeda, Anda bisa mengunjungi situs www.thechinaguide.com.

3. Kaohsiung, Taiwan
Kaohsiung memiliki jaringan jalur sepeda hingga 150 kilometer, tidak buruk dalam sebuah bangsa yang dikenal untuk skuter dan jalan-jalan sibuknya. Kaohsiung juga merupakan kota pertama di Taiwan yang menawarkan kios penyewaan sepeda kepada publik.

Layanan yang dikenal sebagai C-bike (www.c-bike.com.tw) tersedia di 50 stasiun penyewaan di sekitar kota. Biaya sewa mulai dari TWD30 (sekitar Rp9.000) untuk setengah jam pertama dan TWD15 (sekitar Rp4.500) selama setengah jam berikutnya.

4. Jeju, Korea Selatan
Pulau Jeju adalah tempat terbaik di Korea Selatan untuk bersepeda. Pulau ini dikelilingi jalur sepeda sepanjang 182 kilometer dengan tampilan pemandangan alam yang indah. Lampu lalu lintas yang aman dan iklim pesisir yang ringan membuat kegiatan bersepeda terasa menyenangkan. Rental sepeda dapat ditemukan di dekat terminal bus di Kota Jeju dan Yongduam Rock.

5. Singapura
Mobil mungkin masih menjadi pilihan utama di Singapura, tetapi tidak bisa disangkal jika budaya bersepeda sedang berkembang di kota ini. Keseriusan juga nampak dari pemerintah Singapura yang aktif mempromosikan sepeda sebagai moda transportasi. Bahkan, jalur bersepeda khusus akan diberlakukan di tujuh kota di Singapura pada 2014. Untuk saat ini, Anda bisa menikmati kegiatan bersepeda di East Coast dan Bishan Park.

Jika membayangkan kota-kota ini, kapan ya Jakarta bisa menjadi kota yang nyaman naik sepeda?

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar yang macam - macam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 icons - playboy

scary funy

mengemudi di bangku