flash

Kamis, 07 Juli 2011

Masjid air sriwijaya

PALEMBANG (SINDO) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menetapkan desain atau rancangan masjid dengan tema air menjadi desain terfavorit dalam lomba desain pembangunan Masjid Sriwijaya di kawasan Sport City Jakabaring.


Desain Masjid ini berhasil menyingkirkan 17 rancangan yang tidak kalah cantik dengan perolehan suara sebanyak 37 suara dari 181 suara yang ada. “Setelah selesai pameran 7 September lalu, ditetapkan juara favorit pilihan masyarakat Sumsel yakni desain masjid dengan tema air. Desain ini menggambarkan seluruh masjid dihiasi dengan air sehingga tampak indah,”kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel Rizal Abdulah di Palembang kemarin. Setelah menetapkan desain terfavorit, lanjut Rizal, saat ini panitia tengah menggodok desain pe netapan mengenai desain yang akan menjadi juara. Saat ini untuk enam disain yang akan ditetapkan menjadi juara telah didapatkan.Namun,keenam disain tersebut masih belum bisa diumumkan karena keputusan untuk menetapkan juara adalah panitia pusat.

Tidak menutup kemungkinan desain masjid air ini juga akan ditetapkan menjadi juara. ”Memang kita masih menilai enam disain finalis yang akan dibawa ke Jakarta. Keenam desain tersebut telah mendapatkan persetujuan dari gubernur,”jelasnya. Dia mengatakan,tim juri lomba disain Masjid Sriwijaya terdiri atas sembilan orang yang mewakili semua unsur,mulai akademisi,tokoh budaya,arsitek, arsitektur Universitas di Palembang, Rektor IAIN, BPPT, hingga MUI Sumsel. ”Para dewan jurilah yang berhak menentukan siapa yang menang nantinya,” tegasnya.

Dia menyebutkan, tim juri disain Masjid Sriwijaya itu antara lain Ketua MUI Sumsel KH Sodiqun; DR Ir Efri Agson Gani,M Eng (dari BPPT); Rektor IAIN Raden Fatah Palembang, Prof H Aflatun Muchtar MA; tokoh budaya,Anwar Rivai; Kepala Program Studi Arsitektur Universitas Tridinanti Palembang,Ahmad Ardani,Ketua Prodi Arsitektur Unsri, Wenty Triyuly ST MT, Prodi Arsitektur UMP,Ir Zuber Angkasa MT Iai; dan Arsitek Pratisi Ir Isnaini Madani. ”Para juri ini adalah mereka yang benar-benar kompeten. Kita harapkan siapa saja yang menjadi juara adalah mereka yang dapat membuatkan ikon baru bagi Sumsel,” jelasnya seraya menambahkan beberapa aspek yang akan menjadi penilaian adalah segi filosofi agama, nilai arsitek, dan tata ruang. Bagi pemenang, kata Rizal, pihaknya telah menyediakan hadiah berupa uang sebesar Rp170 juta.

Untuk juara pertama akan diberikan uang penghargaan sebesar Rp60 juta, juara kedua Rp50 juta, dan juara ketiga Rp40 juta. “Sementara, juara harapan 4–6 akan diberikan uang masingmasing sebesar Rp5 juta. Disain terfavorit masyarakat juga mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta,”beber Rizal. Panitia Yayasan Pembangunan Masjid Sriwijaya Ali Marwan Hanan mengatakan,pihaknya menargetkan masjid ini akan selesai dalam kurun waktu dua tahun. Sedikitnya dibutuhkan dana mencapai Rp600 juta lebih untuk mewujudkan pembangunan tersebut. Dana pembangunan Masjid Sriwijaya merupakan murni hibah dan sumbangan dari masyarakat.

“Pembangunan ini akan kita rencanakan sebaik mungkin. Kita ingin harga yang layak dan cukup untuk kepentingan rakyat. Kita tidak ingin sekedar terluas,terbesar atau ter-ter lainnya.Apalagi, dana yang digunakan juga tidak sedikit yang didapatkan dari para penyumbang,” jelas mantan Menteri Koperasi dan UKM tersebut. (yayan darwansah)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar yang macam - macam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 icons - playboy

scary funy

mengemudi di bangku